Sabtu, 02 April 2011

KARSINOGENIK


KARSINOGENIK



Karsinogenik

Sesuatu yg menyebabkan kanker


karsinogen adalah zat, radionuklida atau radiasi, yang merupakan agen langsung terlibat dalam menyebabkan kanker. Hal ini mungkin karena kemampuan untuk merusak genom atau ke gangguan proses metabolisme seluler. zat radioaktif Beberapa dianggap karsinogen, tetapi aktivitas karsinogenik mereka disebabkan radiasi, misalnya untuk sinar gamma dan partikel alpha, yang mereka memancarkan. Contoh umum karsinogen yang terhirup asbes, dioxin tertentu, dan asap tembakau. Kanker adalah penyakit di mana sel-sel yang rusak tidak mengalami kematian sel terprogram. Karsinogen dapat meningkatkan risiko kanker dengan mengubah metabolisme seluler atau merusak DNA langsung di dalam sel, yang mengganggu proses biologi, dan mendorong pembagian, ganas yang tidak terkendali, pada akhirnya mengarah pada pembentukan tumor. Biasanya kerusakan DNA, jika terlalu berat untuk memperbaiki, menyebabkan kematian sel terprogram, tetapi jika jalur kematian sel diprogram rusak, maka sel tidak dapat mencegah diri dari menjadi sel kanker.

Ada banyak karsinogen alami. Aflatoksin B1, yang diproduksi oleh jamur Aspergillus flavus yang tumbuh pada biji-bijian yang disimpan, kacang-kacangan dan mentega kacang, adalah sebuah contoh dari karsinogen mikroba kuat, yang terjadi secara alamiah. virus tertentu seperti Hepatitis B dan virus papiloma manusia telah ditemukan untuk menyebabkan kanker pada manusia. Yang pertama terbukti dapat menyebabkan kanker pada hewan adalah virus sarkoma Rous, ditemukan pada tahun 1910 oleh Peyton Rous.

Dioxin dan senyawa dioxin-seperti, benzene, kepone, EDB, asbes, dan batuan limbah penambangan minyak shale semuanya telah diklasifikasikan sebagai karsinogenik [1] Sejauh kembali sebagai tahun 1930-an, asap industri dan asap tembakau diidentifikasi sebagai sumber. puluhan karsinogen, termasuk benzo [a] pyrene, nitrosamine tembakau-spesifik seperti nitrosonornicotine, dan aldehida reaktif seperti formaldehida-yang juga merupakan bahaya dalam pembalseman dan membuat plastik. Vinil klorida, dari mana PVC dibuat, adalah karsinogen dan dengan demikian bahaya dalam produksi PVC.

Co-karsinogen adalah bahan kimia yang belum tentu menyebabkan kanker pada mereka sendiri, tapi mempromosikan kegiatan karsinogen lainnya dalam menyebabkan kanker.

Setelah karsinogen memasuki tubuh, tubuh membuat suatu usaha untuk menghilangkan melalui proses yang disebut biotransformasi. Tujuan dari reaksi ini adalah membuat karsinogen lebih larut dalam air sehingga dapat dihilangkan dari tubuh. Tetapi reaksi ini juga dapat mengkonversi karsinogen kurang beracun menjadi karsinogen lebih beracun.

DNA nukleofilik, elektrofil karbon sehingga larut adalah karsinogenik, karena DNA menyerang mereka. Sebagai contoh, beberapa alkena yang toxicated oleh enzim manusia untuk menghasilkan epoksida elektrofilik. DNA serangan epoksida, dan terikat permanen untuk itu. Ini adalah mekanisme balik carcinogenity dari benzo [a] pyrene dalam asap tembakau, aromatik lainnya, aflatoksin dan gas mustard.
Radiasi

CERCLA mengidentifikasi semua radionuklida sebagai karsinogen, meskipun sifat radiasi yang dipancarkan (alfa, beta, gamma, atau neutron dan kekuatan radioaktif), kapasitas konsekuen untuk menimbulkan ionisasi pada jaringan, dan besarnya paparan radiasi, menentukan potensi bahaya. Karsinogenik radiasi tergantung dari jenis radiasi, jenis paparan, dan penetrasi. Sebagai contoh, radiasi alpha mempunyai penetrasi yang rendah dan bukan merupakan bahaya luar tubuh, tetapi emitter bersifat karsinogenik ketika terhirup atau tertelan.

Sebagai contoh, Thorotrast, sebuah (kebetulan-radioaktif) suspensi sebelumnya digunakan sebagai media kontras di diagnosa x-ray, merupakan karsinogen manusia kuat dikenal karena retensi di dalam berbagai organ dan emisi gigih partikel alpha. Marie Curie, salah satu pelopor radioaktivitas, meninggal karena kanker yang disebabkan oleh paparan radiasi selama percobaan nya.

Tidak semua jenis radiasi elektromagnetik sebenarnya karsinogenik. Rendah energi gelombang pada spektrum elektromagnetik pada umumnya tidak, termasuk gelombang radio, radiasi microwave, radiasi infra merah dan cahaya tampak. Lebih tinggi energi radiasi, termasuk radiasi ultraviolet (hadir di sinar matahari), x-ray, dan radiasi gamma, umumnya karsinogenik, jika diterima dalam dosis yang cukup.

Rendahnya tingkat radiasi pengion dapat menyebabkan kerusakan DNA dapat diperbaiki (yang mengarah ke kesalahan replicational dan transkripsi yang diperlukan untuk neoplasia atau dapat memicu interaksi virus) yang menyebabkan penuaan pra-matang dan kanker. [2] [3] [4]

Zat atau makanan iradiasi dengan elektron atau radiasi elektromagnetik (seperti microwave, X-ray atau gamma) tidak karsinogenik. [Rujukan?] Sebaliknya, non-radiasi elektromagnetik neutron diproduksi di dalam reaktor nuklir dapat menghasilkan radiasi sekunder melalui transmutasi nuklir.
Karsinogen dalam makanan disiapkan

Memasak makanan pada suhu tinggi, misalnya memanggang atau memanggang daging, dapat mengarah pada pembentukan jumlah menit karsinogen kuat banyak yang sebanding dengan yang ditemukan dalam asap rokok (misalnya, benzo [a] pyrene). [5] Charring makanan pirolisis menyerupai kokas dan tembakau, dan menghasilkan karsinogen serupa. Ada beberapa produk pirolisis karsinogenik, seperti hidrokarbon aromatik polynuclear, yang dikonversi oleh enzim manusia menjadi epoksida, yang menempel permanen pada DNA. Pra-memasak daging dalam microwave oven selama 2-3 menit sebelum memanggang mempersingkat waktu pada wajan panas, dan menghapus amina heterosiklik (HCA) prekursor, yang dapat membantu meminimalkan pembentukan karsinogen ini. [6]

Laporan dari Food Standards Agency telah menemukan bahwa akrilamida hewan yang dihasilkan karsinogen dalam makanan karbohidrat goreng atau panas (seperti kentang goreng dan keripik kentang). [7] Studi yang dilakukan di FDA dan badan pengatur Eropa untuk menilai potensi risiko untuk manusia.
Karsinogen pada rokok

Asap tembakau mengandung senyawa kimia lebih dari 4000, banyak yang bersifat karsinogenik atau beracun. Salah satunya adalah senyawa dipasarkan sebagai racun tikus. [8]

Gangguan sirkadian
"shift yang melibatkan gangguan sirkadian" telah terdaftar, pada tahun 2007, sebagai karsinogen kemungkinan oleh Organisasi Kesehatan Dunia Internasional Badan Penelitian Kanker. (IARC Siaran Pers No 180). [9] Beberapa studi telah mendokumentasikan hubungan antara kerja malam shift dan peningkatan insiden kanker payudara. [10] [11] [12] [13] [14] [15] gangguan sirkadian oleh paparan cahaya di malam hari menekan produksi hormon melatonin yang menyebabkan penurunan pertahanan imun selular dan pengawasan yang diperlukan untuk perlindungan dari pengembangan kanker. Melatonin juga tampaknya memiliki efek perlindungan langsung melawan kanker, mungkin sebagian karena sifat antioksidan yang kuat. [1

Mekanisme carcinogenicity

Karsinogen dapat diklasifikasikan sebagai genotoksik atau nongenotoxic. Genotoxins menyebabkan kerusakan genetik ireversibel atau mutasi dengan mengikat DNA. Genotoxins termasuk agen kimia seperti N-methylurea nitroso-N-(NMU) atau agen non-kimia seperti sinar ultraviolet dan radiasi pengion. Virus tertentu juga dapat bertindak sebagai karsinogen dengan berinteraksi dengan DNA.

Nongenotoxins tidak langsung mempengaruhi DNA namun bertindak dengan cara lain untuk meningkatkan pertumbuhan. Ini termasuk hormon dan beberapa senyawa organik. [17]

Klasifikasi karsinogen
Badan Internasional untuk Penelitian Kanker

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) adalah sebuah lembaga antar pemerintah yang didirikan pada tahun 1965, yang merupakan bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hal ini didasarkan di Lyon, Perancis. Sejak tahun 1971 itu telah menerbitkan serangkaian Monographs pada Evaluasi Karsinogenik Risiko untuk Manusia [18] yang telah sangat berpengaruh dalam klasifikasi karsinogen mungkin.

     * Kelompok 1: agen (campuran) pasti karsinogenik bagi manusia. Keadaan eksposur risiko yang mensyaratkan karsinogenik bagi manusia.
     * Group 2A: agen (campuran) mungkin karsinogenik bagi manusia. Keadaan eksposur risiko yang mensyaratkan mungkin karsinogenik bagi manusia.
     * Grup 2B: agen (campuran) mungkin merupakan karsinogenik bagi manusia. Keadaan eksposur risiko yang mensyaratkan mungkin karsinogenik bagi manusia.
     * Kelompok 3: agen (campuran atau keadaan eksposur) tidak diklasifikasikan untuk carcinogenicity untuk manusia.
     * Kelompok 4: agen (campuran) mungkin tidak karsinogenik untuk manusia.


Sistem Harmonisasi Global

Para Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi dan Pelabelan Bahan Kimia (GHS) adalah PBB inisiatif untuk mencoba untuk menyelaraskan sistem yang berbeda dari penilaian risiko kimia yang saat ini ada (per Maret 2009) di seluruh dunia. Ini mengklasifikasikan karsinogen ke dalam dua kategori, yang pertama dapat dibagi lagi menjadi subkategori jika diinginkan oleh pihak otoritas yang berwenang:

     * Kategori 1: diketahui atau dianggap memiliki potensi karsinogenik bagi manusia
           o Kategori 1A: penilaian terutama didasarkan pada bukti manusia
           o Kategori 1B: penilaian terutama didasarkan pada bukti hewan
     * Kategori 2: manusia karsinogen diduga

U. S. Program Toksikologi Nasional

Toksikologi Nasional Program US Department of Health and Human Services adalah mandat untuk menghasilkan Laporan dua tahunan pada karsinogen [19] Pada Maret 2009,. edisi terakhir laporan 11 (2005). [1] mengklasifikasikan karsinogen menjadi dua kelompok:

     * Dikenal menjadi karsinogen manusia
     * Cukup diantisipasi menjadi karsinogen manusia

American Konferensi Hiegenis Industri dan Pemerintahan

Konferensi Amerika Pemerintah Hiegenis Industri (ACGIH) adalah sebuah organisasi swasta yang terkenal karena publikasi nilai-nilai ambang batas (SVLK) untuk eksposur pekerjaan dan monograf tentang bahaya kimia tempat kerja. Ini mengkaji carcinogenicity sebagai bagian dari penilaian lebih luas tentang bahaya pekerjaan bahan kimia.

     * Grup A1: karsinogen manusia Dikonfirmasi
     * Grup A2: karsinogen manusia Diduga
     * Kelompok A3: Dikonfirmasi hewan karsinogen dengan relevansi diketahui manusia
     * Group A4: Tidak diklasifikasikan sebagai karsinogen manusia
     * Group A5: Tidak diduga sebagai karsinogen manusia
Uni Eropa

Klasifikasi Uni Eropa karsinogen yang terkandung dalam Directive Bahan Berbahaya dan Dangerous Preparations Directive. Ini terdiri dari tiga kategori:

     * Kategori 1: Zat diketahui karsinogenik bagi manusia.
     * Kategori 2: Zat yang harus dianggap sebagai jika mereka karsinogenik bagi manusia.
     * Kategori 3: Zat yang menimbulkan kekhawatiran bagi manusia, karena efek karsinogenik mungkin tetapi yang menghasilkan informasi yang tersedia tidak memadai untuk membuat penilaian memuaskan.

Skema penilaian sedang dihapus mendukung skema GHS (lihat di atas), untuk yang sangat dekat dalam definisi kategori.

Prokarsinogen
Prokarsinogen adalah pendahulu karsinogen. Salah satu contohnya adalah nitrit ketika diambil dalam oleh makanan. Mereka tidak karsinogenik diri mereka sendiri, tetapi berubah menjadi nitrosamine dalam tubuh, yang karsinogenik. [20]



Common karsinogen Pekerjaan karsinogen
Karsinogen Kerja adalah agen-agen yang menimbulkan risiko kanker di beberapa lokasi kerja yang spesifik:

1 komentar:

  1. ass..mau bertanya
    kalau pengertian langsung racun dan karsinogenik gimana???

    BalasHapus